BREAKING NEWS
pasang

Minggu, 27 April 2014

Ketika Shalat, Syahkah Membaca Alqur'an dengan Huruf Latin ?

"ilustrasi" - Syahkah Membaca Alqur'an (ketika shalat) dengan Huruf Latin ?
MutiaraPublic - Wahai saudaraku, belajar merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang Islam. Kita tentunya  patut bersyukur kepada Allah SWT. karena masih diberi kemauan, kemampuan dan juga kesempatan untuk belajar, apalagi belajar membaca Alqur'an. 

Belajar Alquran terkait dengan suatu ibadah shalat. Serta bacaan dalam shalat haruslah berisi ayat-ayat Alqur'an dan tentunya beberapa bacaan doa dalam shalat harus disesuaikan dengan cara baca yang benar dalam aturan membaca Alquran seperti halnya memperjelas tasydid/ syiddah dalam bacaan tasyahhud akhir. 

Alqur'an yang ditulis dengan bahasa arab dan tidak ada translaterasi yang tepat dalam bahasa lain! karena dalam pemindahan tulisan dari bahasa Arab ke bahasa lain, tentunya dapat menghilangkan kekhasan Alquran dan dapat berpengaruh pada cara baca dan arti yang dikandung dalam tiap kata pada Alqur'an. hal tersebut juga akan memungkinkan perubahan makna yang berakibat fatal.

Ulama mengharamkan membaca Alquran dengan tulisan latin karena dapat merubah cara baca dan arti dari Alqur'an. Imam Qulyubi memperbolehkan menulis Alqur'an dengan bahasa selain bahasa Arab tapi melarang membacanya.

Penjelasan tentang hal ini disebutkan dalam kitab Hasyiyah Al-Jamal ala Syarhil Minhaj juz I hal 76 sebagai berikut: “Imam Qulyubi berpendapat boleh menulis Alquran dengan selain bahasa Arab namun tidak boleh membacanya, dan Alquran yang ditulis dengan selain bahasa Arab tersebut dihukumi seperti mushaf (Alqur’an dalam bahasa Arab) dalam hal membawanya dan menyentuhnya.”

Namun demikian, kita diharuskan terus belajar hingga bisa membaca Alquran dengan tulisan Arab lengkap dengan tajwidnya. !

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 MutiaraPublic Share on Blogger Template Free Download .