BREAKING NEWS
pasang

Minggu, 27 April 2014

Bagaimana Mendidik dan Memperlakukan Anak Perempuan ?

(ilustrasi) Bagaimana Mendidik dan Memperlakukan Anak Perempuan 
Oleh : Hj Siti Mahmudah 

Tak hanya untuk amanah yang bakal dipertanggung jawabkan, anak adalah karunia serta hibah dari Allah SWT untuk penyejuk pandangan mata, kebanggaan orang tua, serta sekalian untuk perhiasan dunia, dan belahan jiwa (QS al-Kahfi 18 : 46). 

Karenanya, perlakukan anak dengan penuh cinta serta kasih sayang, lebih-lebih untuk anak wanita. Berkenaan anak wanita, dengan cara spesial Rasulullah SAW melarang memperlakukannya dengan kasar. 

Dari Uqbah bin Amir berkata Rasulullah SAW sempat bersabda, “Janganlah kalian memperlakukan anak-anak wanita dengan kasar, lantaran sebenarnya mereka yaitu manusia yang berpembawaan lembut lagi sensitif perasaannya. ” (HR Ahmad). 

Hadis diatas membimbing kita, beberapa orang tua, untuk mendidik anak-anak wanita dengan baik serta bijak, dan tak memperlakukannya dengan kasar. Karena, perlakuan kasar bisa menyebabkan rasa sakit hati serta dendam yg tidak gampang hilang dari ingatannya. 

Bagaimana bila anak wanita itu lakukan perbuatan yang menyebalkan? Orang tua sebaiknya bisa meluruskannya dengan baik serta bijak. Lantaran perlakuan kasar itu tak bisa merampungkan persoalan. Alih-alih meluruskan kekeliruan anak, orang tua jadi dijauhi. 

Oleh karenanya, hindari aksi menuduh, berburuk kira, serta bermuka masam pada anak wanita. Perlakukan anak wanita dengan kelembutan serta kasih sayang. 

Serta, sungguh mujur orang tua yang dikaruniai anak wanita serta ia bisa memperlakukannya dengan baik, bijak, serta penuh kesabaran. Maka, baginya balasan kemuliaan, yakni surga. Subhanallah. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa memiliki tiga anak wanita, lalu berlaku sabar pada keluh-kesah, suka-duka, serta jerih-payah mengasuh (mendidik) mereka, pasti Allah bakal memasukkannya ke dalam surga karena kasih sayangnya pada mereka. ” 

Dalam hadis yang lain, “Barang siapa memiliki tiga orang anak wanita atau mungkin tiga saudara wanita, dua orang anak wanita atau mungkin dua saudara wanita, lalu ia memperlakukan mereka dengan baik serta bertakwa pada Allah dalam mengasuh mereka, maka baginya surga. ” (HR Tirmidzi). 

Hadis yang lain, “Barang siapa memikul tiga anak wanita, lalu mendidiknya, menikahkannya, serta memperlakukannya dengan baik, maka baginya surga. ” (HR Abu Dawud). 

Semoga Allah mengaruniai kita, beberapa orang tua, penambahan kesabaran serta ketakwaan dalam mendidik anak-anak, terlebih anak wanita dengan penuh cinta, kasih sayang, serta tanggung jawab. 

Amiin.. Ya Rabbal'alamin ! 


Redaksi : Zainul Hakim
Dipublikasi : mutiara.blogspot.com

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 MutiaraPublic Share on Blogger Template Free Download .